Belajar Musik Itu Susah

Helo semuanya! Ada nggak sih dari kalian yang pernah mikir “Hmm aku kok gabisa terus ya belajar musiknya?” atau ada juga yang bilang “Aduh susah banget sih belajar musik!”. Hayo ada yang pernah mikir kayak gitu nggak nih? Nah kali ini WSMS Harapan Indah mau kasih tau nih beberapa hal yang mungkin membuat kalian berpikir bahwa belajar musik itu susah ☹

1. Tidak Punya Alat
Yep! Yang pertama adalah tidak punya alat musik. Tidak punya alat musik sendiri membuat latihan kita dalam bermain musik tidak konsisten. Jadi hasilnya tidak sepenuhnya, Cuma setengah-setengah saja. Kalau dperhatikan juga, banyak lembaga ataupun guru musik akan merekomendasikan agarmuridnya punya alat musik sendiri lho! Disamping itu, ketika kita punya alat musik sendiri, kita akan semakin rajin lho belajar musiknya.

2. Niat Belajar
Dalam belajar segala sesuatu haruslah memiliki niat yang 100%, terlebih ketika belajar musik. Belajar musik tidak bisa setengah-setengah. Kita harus memiliki tekad yang bulat sebelum belajar musik. Coba yuk kita belajar pasang target setiap kali kita belajar musik. Misal nih yang sedang belajar gitar, kita bisa memasang target seperti “Harus bisa melodi dalam waktu sebulan” dan setelah memasang target, jangan lupa untuk dilaksanakan ya.

3. Ingin Langsung Bisa
Melihat alasan ketiga jadi ingat mie instan nih. Eits jangan salah ya, bahkan mie instan pun membutuhkan proses sehingga menjadi mie yang bisa kita makan. Kuncinya adalah belajar untuk menjalani proses. Mungkin ada yang berpikir bahwa ingin instan bisa memainkan alat musik. Para pemain musik yang sudah terkenal juga menjalani proses belajar kok! Dinikmatin aja deh prosesnya hehe

4. Cepat Puas
Setelah memiliki alat musik sendiri dan memiliki niat belajar kita pasti akan belajar dengan tekun sehingga kita dapat menguasai teknik baru dalam bermusik. Nah tapi ketika kita bisa menguasai teknik baru yang sebelumnya tidak kita tahu, terkadang kita cepat merasa puas akan hal itu sehingga kita tidak belajar teknik yang lainnya. Yang perlu diketahui ketika kita sedang belajar adalah, jangan pernah berhenti belajar! Karena terdapat banyak hal yang bisa kita pelajari yang mungkin kita tidak bisa

5. Otodidak
Beberapa dari kalian mungkin ada yang belajar musik sendiri, ada yang belajar lewat YouTube ataupun belajar langsung dari sebuah lagu. Tidak dipungkiri juga bahwa belajar otodidak cukup efektif untuk beberapa orang namun kebanyakan akan merasa sulit jika harus belajar alat musik sendiri. Kita tidak tahu apakah teknik yang kita pelajari secara otodidak ini sudah benar atau masih salah dan juga ketika kita belajar secara otodidak, tidak ada yang bisa membantu kita untuk terus tekun dalam belajar musik. Ketika kita masuk dalam sebuah sekolah musik, otomatis ada seorang guru yang akan mendisplinkan kita untuk terus belajar musik dan tentu saja ketika ada seorang guru, kita akan lebih bisa belajar banyak teknik baru tanpa harus menerka-nerka apakah permainan musik kita sudah benar atau masih salah.